Minggu, 15 Februari 2015

Imbang, Roma Gagal Tempel Juve

ROMA – AS Roma gagal menempel Juventus setelah hanya bisa bermain imbang tanpa gol kontra Parma dalam matchday ke-23 Serie A yang berlangsung di Stadio Olimpico, Minggu (15/2/2015) malam WIB.
Hasil ini membuat jarak Roma dan Juventus semakin jauh, terpaut enam poin. Bila Nyonya Tua bisa mengalahkan Cesena dini hari nanti, maka jaraknya akan menjadi sembilan poin. Sedangkan Parma tetap tidak beranjak dari posisi juru kunci dengan 10 poin.

Jalannya Pertandingan
Babak Pertama
AS Roma langsung menguasai jalannya pertandingan. Peluang bagi Roma di menit kelima, Daniele De Rossi melepaskan umpan panjang. Seydou Keita berlari ke dalam kotak penalti Parma untuk menyongsong umpan De Rossi. Sayang, Keita gagal menaklukkan Antonio Mirante.

Dua menit berselang, berbalik Parma melakukan serangan, Ishak Belfodil mengirim umpan ke arah Mattia Cassani yang menyisir sektor kiri pertahanan Roma. Umpan silang Cassani membentur Mapou Yanga-Mbiwa dan mengarah ke McDonald Mariga. Lalu, bola dikuasai Silvestre Varela yang mengirim umpan. Namun, Martin De Sanctis berhasil memotong umpan tersebut.

Kombinasi serangan yang apik dilakukan Roma! Alessandro Florenzi lepas dari kawalan bek-bek Parma. Dia mencoba melepaskan umpan terobosan, namun bola berhasil dipotong oleh Alessandro Lucarelli.
Roma mendapat peluang di menit ke-18, Adam Ljajic menusuk ke dalam pertahanan Parma. Melihat De Rossi yang berdiri cukup bebas, Ljajic langsung mengirim umpan. Meski mendapat peluang cukup bagus, tendangan De Rossi melambung di atas gawang Parma

Masuk pada menit 2ke-3, Parma menunjukkan pertahanan kokoh mereka. Ljajic melakukan umpan satu-dua dengan Florenzi sebelum bola dialirkan ke Gervinho. Winger asal Pantai Gading itu langsung menendang bola dan diblok dengan tekel Pedro Mendes. Bola liar dikuasai Ljajic yang menusuk ke jantung pertahanan Parma. Upaya Roma mencetak gol kembali kandas saat tembakan Ljajic digagalkan Mattia Cassani.

Delapan menit menjelang akhir babak pertama, Ljajic kembali berusaha menerobos sektor belakang Parma dari sisi kiri. Dia mengelabui Cassani kemudian melepaskan tembakan keras, tetapi bola masih melenceng dari gawang.

Pertandingan paruh pertama pun berakhir dan tidak ada gol yang tercipta dari kedua tim. AS Roma 0-0 Parma.

Babak Kedua
Di interval kedua, intensitas permainan Giallorossi tetap seperti di babak pertama. Melalui sektor kiri, Gervinho berusaha menerobos pertahanan lawan. Laju Gervinho dihentikan Mendes, tetapi wasit memberi hadiah tendangan bebas bagi Roma. Tendangan bebas diarahkan ke tiang dekat, tetapi Parma bisa mengantisipasi berkat aksi Lucarelli.

Hingga sepuluh menit jalannya laga babak kedua, Roma terus mendominasi penguasaan bola, tetapi belum mampu mengancam gawang Mirante. Doumbia kurang terlihat perannya dalam laga ini, Gervinho dan Ljajic cukup on fire.

Peluang bagi Radja Nainggolan! Berawal dari sepak pojok disundul dengan keras oleh Kostas Manolas. Bola jatuh di kaki Nainggolan sebelum melepaskan tendangan voli, tetapi peluang itu belum mampu membobol gawang Parma. Skor tetap 0-0 hingga menit ke-69.

Peluang pertama dari Seydou Doumbia. Nainggolan mengirim umpan silang yang brilian, tetapi Doumbia gagal memanfaatkan kesempatan emas tersebut. Roma kembali mendapat tendangan bebas. Ljajic menjadi algojo bola mati, tetapi umpan itu dipotong oleh Belfodil dengan sundulan. Bola kembali diarahkan ke Nainggolan, tetapi peluang itu kembali diantisipasi.

Masuk sepuluh menit jelang berakhirnya waktu normal, Parma berusaha memperlambat alur permainan dan menguasai bola. Mariga mengulur waktu saat ditarik keluar untuk digantikan Francesco Lodi. Wasit pun memberi kartu kuning bagi Mariga.

Peluang Parma di menit-menit akhir laga, melalui sepak pojok. Umpan pendek ke arah Belfodil yang berusaha melepaskan umpan silang, tetapi bola kembali keluar lapangan. Semenit kemudian, umpan jauh mengarah ke Lucarelli yang berdiri di kotak penalti Roma, tetapi bola ditangkap oleh De Sanctis.
Skor kacamata tetap bertahan hingga peluit panjang ditiup wasit. Inisiatif dan kreatifitas pemain Roma sangat minim pada laga ini di tambah Parma yang bermain begitu defensif.

Susunan Pemain:
AS Roma: M. De Sanctis; A. Cole, M. Yanga-Mbiwa, K.Manolas, A. Florenzi; S. Keita, D. De Rossi (D. Verde 58’), R. Nainggolan; Y. Gervinho, S. Doumbia (A. Sanabria 85’), A. Ljajic (L. Paredes 77’).
Parma: A. Mirante; M. Cassani (Zou 90’+2), P. Mendes, A. Lucarelli, A. Costa; S. Varela (R. Palladino 78’), M. Mariga (F. Lodi 87’), J. Mauri, C. Rodriguez; A. Nocerino; I Belfodil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar