Jumat, 17 April 2015

Mendes Marwan Ajak Mahasiswa ITS Kawal Pembangunan Desa

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Marwan Ja'far mengajak organisasi kemahasiswaan dan perguruan tinggi ikut dan mengawal pembangunan desa.

Termasuk mengawasi alokasi dana desa yang diperuntukkan untuk pembangunan desa.

"Membangun desa dan desa untuk Indonesia yang sejahtera ini, tidak mungkin dilakukan sendirian oleh pemerintah," kata Marwan Ja'far saat memberikan kuliah umum di kampus Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya, dalam rangka Harlah ke 55 Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), Jumat (17/4/2015).

Ia menerangkan, perguruan tinggi merupakan salah satu subsitem pendidikan nasional. Dengan menerapkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dapat mengambil peran strategis dalam pembangunan nasional, termasuk dalam pembangunan desa.

Katanya, beberapa bentuk partisipasi atau peran nyata yang bisa disumbangsihkan dari perguruan tinggi dalam pembangunan desa, diantaranya melakukan penelitian, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tepat gunan, untuk memajukan perekonomian masyarakat desa.

"Membangun desa ini bagian dari kerja yang mulia," terangnya.

Ia menambahkan, kuliah kerja nyata (KKN) mahasiswa di pedesaan, menurutnya bisa dijadikan media untuk memberikan penyuluhan dan pembinaan ke masyarakat desa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar